Kamis, 30 Oktober 2014

SALAM KENAL

      Assalamu'alaikum, selamat malam bro dan sis. oke, gue mau kenalan dulu.
ini biodata gw,

nama: reyhan respati oriontama.
TTL: Muaro paneh (solok, sumbar) 02 desember 1995.
Pekerjaan: Mahasiswa Psikologi
hobi: travelling, membaca, nulis (sebenarnya hobi gue banyak, tapi cuma tiga ini yg paling gue minati).
status: ehemm..
cita-cita: selfie dengan presiden.

     ini pertama kalinya gue nulis di blog, jadi maklumin aja kalau tulisannya amburegul (*eh amburadul maksudnya), disamping gue juga malas repot-repot ngerapiinnya. Tunggu yang baca banyak dulu ntar gue benahin blognya. hehe...

     alasan bikin blog ini karenaa... sebenarnya udah lama sih pengen bikin blog, tapi baru sempat sekarang. Gue terinspirasi dari bang Radit manusia paling absurd yang gue ketahui. Di blog ini gue bakal nyeritain kisah hidup gue dengan cara yang ringan dan menarik. Gue juga bakalan ngasih tips-tips. Gue harap lo lo pada suka. Gue  juga pengen buktiin kalau blog orang padang juga bisa terkenal. Selama ini gue lihat Cuma blog orang Jawa aja yang populer. Gue pengen membawa blog ini Go Nasional. Hohoho...

    kenapa nama blog ini “Anak Muaro Paneh”? karena Muaro paneh itu kampung kelahiran gue. Muaro paneh itu terletak di Kab.Solok, Sumatera Barat. 7 km dari kota Solok. Setiap gue bilang ke orang lain kalau gue berasal dari Muaro Paneh mereka pasti melihat gue dengan tatapan “huh, anak kampung rupanya.” Hellooo... Muaro Paneh (MP) itu gak seprimitif yang kalian kira. Biasanya orang yang berpikiran seperti ini belum pernah ke MP. MP itu udah maju, kita punya mesjid, pasar, sawah, pertokoan, abang bakso.

     Di MP kita punya pasar sapi yang merupakan pasar sapi terbesar di Sumbar. Sapi-sapi dari seluruh sumbar dibawa ke MP untuk diperjualbelian. Kasihan sapi-sapinya. Bayangkan mereka dipisahkan dengan paksa dari pacar dan anak-anaknya. Apalagi sapi jomblo yang belum sempat pacaran. Udahlah jomblo,dijual lagi. Untung cuma dijual dan dibiarin hidup, tapi kalau dijual trus berakhir di meja pembantaian gimana? Kan kasian. Tidak berpri-kesapian. Kenapa manusia tidak bisa hidup damai dengan sapi? Kenapa kita tidak bisa hidup berdampingan? Kenapa gue membahas ini? ah gajee... udahlah.

      Selain pasar sapi kita juga punya “pasar baruak” atau dalam bahasa Indonesianya pasar monyet. Buat-buat lo yang jones (jomblo ngenes) yang tingkat kejombloannya udah akut banget mungkin pasar ini bisa jadi pilihan. Lo tinggal datang kesini pilih satu bawa pulang. Ntar kalian bisa pergi jalan bareng sambil pegangan tangan, boncengan, nyari kutu bareng buat cemilan, sama-sama nyuapin pisang dan kalau lo beruntung lo bisa dapat “french kiss”, soalnya gue udah coba.

Oke,udah dulu promosi MP nya. Selanjutnya alasan alamat blog ini “reyhanpatih”.
Nama asli gue Reyhan Respati Oriontama. Reyhan artinya “yang disayang”, moga aja ada yang benaran sayang ma gue nantinya. Respati artinya “gagah”, oke, ini gak sesuai kenyataan. Dan oriontama itu gabungan nama ortu gue plus “tama” yang artinya anak pertama. Sayangnya kata “oriontama” dihilangin dari nama gue waktu gue masuk SD. Yang nyuruh hilangin itu guru SD gue. Jadi ceritanya pas gue daftar masuk SD dia nanya nama gue,

     “namanya siapa, nak?” kata ibu SD itu.
      “reyhan respati oriontama, bu” kata gue.
      Lalu ibu SD itu ngelihat ke mama gue dan dengan polosnya bilang,
      “oriontama nya dihilangin aja ya bu. Ntar kepanjangan nulisnya di ijazah”
      Kalau gue ngerti apa yang terjadi waktu itu gue bakalan ngelempar vas bunga yang ada di meja ibu itu ke wajahnya. Padahal sekarang gue suka banget sama nama itu. Kayak nama rasi bintang, “orion”.
       Lalu jawab mama gue, “oke buk”. -____-
       Aahhh... sudahlah.

       Oke sekarang masalah “reyhanpatih” tadi. Hampir setiap gue ngenalin nama pasti bakalan jadi begini,
      “kenalin, nama gue reyhan respati”
      Yang dengar pasti bilang,
      “apa? Reyhan kerispatih? Nama band dong. Lo bisa nyanyi? Nyanyi ‘demi cinta’ dong.”
     Atau,” reyhan merpati? Lo bisa terbang? Lo punya maskapai penerbangan?” dan berbagai pertanyaan absurd lainnya.
      Makanya gue ambil aja kata patih tadi buat jadi alamat blog.
      

     Oke, mungkin itu sedikit perkenalan dari gue. perlu diingat gue gak niat ngelucu disini,gue cuma pengen sharing isi kepala gue. Gue harap gue gak bakalan bosan buat nulis karena gue mudah bosan. Ya walaupun pembacanya sedikit setidaknya dengan nulis gue bisa ngeluarin unek-unek gue. Semoga lo setia ngikutin tulisan gue dan ngasih masukan. Tunggu kelanjutannya.... 

5 komentar:

  1. Oriontama.. Dan si pencetus hilangnya nama belakang lo si guru sd lo dan ibu lo main "ok" aja? Tanpa ada debat??? Bwahahha gokil

    BalasHapus
  2. Oriontama.. Dan si pencetus hilangnya nama belakang lo si guru sd lo dan ibu lo main "ok" aja? Tanpa ada debat??? Bwahahha gokil

    BalasHapus
  3. gak nulis lagi han? pengalaman di surabaya gimana

    BalasHapus
  4. gak nulis lagi han? pengalaman di surabaya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. akhir-akhir ini emang jarang nulis, hehe. Ada kok tulisan tentang pengalaman di Surabaya. Silakan dibaca dan makasih udah berkunjung ke blogku Rada.

      Hapus